Meracik Kopi Susu – Kios Pembuat Kopi Di Gumay Ulu, Lahat

Meracik Kopi Susu – Kios Pembuat Kopi Di Gumay Ulu, Lahat



Meracik Kopi Susu – Kios Pembuat Kopi Di Gumay Ulu, Lahat - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Kios Pembuat Kopi Di Gumay Ulu, Lahat


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam halaman Meracik Kopi Susu – Kios Pembuat Kopi Di Gumay Ulu, Lahat, semoga berguna.

0 comments