Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blora

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blora



Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blora - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blora


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam blog Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blora, moga-moga berguna.

0 comments