Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Coffee Maker Di Kalibawang, Kulon Progo

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Coffee Maker Di Kalibawang, Kulon Progo



Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Coffee Maker Di Kalibawang, Kulon Progo - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Coffee Maker Di Kalibawang, Kulon Progo


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di blog Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Jual Coffee Maker Di Kalibawang, Kulon Progo, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments