Aneka Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Trawas, Mojokerto

Aneka Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Trawas, Mojokerto


Aneka Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Trawas, Mojokerto - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Trawas, Mojokerto


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Trawas, Mojokerto, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments