Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Semanu, Gunung Kidul

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Semanu, Gunung Kidul


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Semanu, Gunung Kidul - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Semanu, Gunung Kidul


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam website Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Semanu, Gunung Kidul, mudah-mudahan berguna.

0 comments