Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Kota Jantho, Aceh Besar

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Kota Jantho, Aceh Besar


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Kota Jantho, Aceh Besar - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Kota Jantho, Aceh Besar


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam blog Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Kota Jantho, Aceh Besar, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments