Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Penjual Pembuat Kopi Di Kempas, Indragiri Hilir

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Penjual Pembuat Kopi Di Kempas, Indragiri Hilir


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Penjual Pembuat Kopi Di Kempas, Indragiri Hilir - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Penjual Pembuat Kopi Di Kempas, Indragiri Hilir


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di halaman Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Penjual Pembuat Kopi Di Kempas, Indragiri Hilir, semoga ada gunanya.

0 comments