Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Jual Pembuat Kopi di Kaliwungu, Semarang

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Jual Pembuat Kopi di Kaliwungu, Semarang



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Jual Pembuat Kopi di Kaliwungu, Semarang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Jual Pembuat Kopi di Kaliwungu, Semarang


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di website Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Jual Pembuat Kopi di Kaliwungu, Semarang, semoga ada manfaatnya.

0 comments