Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Peundeuy, Garut

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Peundeuy, Garut



Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Peundeuy, Garut - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Peundeuy, Garut


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam blog Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Peundeuy, Garut, moga-moga ada gunanya.

0 comments