Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lombok Utara

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lombok Utara



Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lombok Utara - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lombok Utara


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam website Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lombok Utara, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments