Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban

Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban


Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di web Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban, moga-moga ada gunanya.

0 comments