Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Coffee Maker di Cisoka, Tangerang

Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Coffee Maker di Cisoka, Tangerang


Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Coffee Maker di Cisoka, Tangerang - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Coffee Maker di Cisoka, Tangerang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di website Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Coffee Maker di Cisoka, Tangerang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments