Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments