Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Air Hangat Barat, Kerinci

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Air Hangat Barat, Kerinci



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Air Hangat Barat, Kerinci - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Air Hangat Barat, Kerinci


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di web Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Air Hangat Barat, Kerinci, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments