Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Peureulak, Aceh Timur

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Peureulak, Aceh Timur



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Peureulak, Aceh Timur - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Peureulak, Aceh Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di blog Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Peureulak, Aceh Timur, mudah-mudahan bermakna.

0 comments