Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Bajuin, Tanah Laut

Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Bajuin, Tanah Laut


Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Bajuin, Tanah Laut - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Bajuin, Tanah Laut


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di blog Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Bajuin, Tanah Laut, semoga ada gunanya.

0 comments