Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir


Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam halaman Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir, mudah-mudahan berguna.

0 comments