Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Krembangan, Surabaya

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Krembangan, Surabaya



Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Krembangan, Surabaya - Kendati kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Krembangan, Surabaya


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Krembangan, Surabaya, moga-moga bermanfaat.

0 comments