Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi Di Keumala, Pidie

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi Di Keumala, Pidie



Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi Di Keumala, Pidie - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi Di Keumala, Pidie


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi Di Keumala, Pidie, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments