Jenis Kopi Robusta Terbaik – Jual Coffee Maker Di Banjarmasin Utara, Banjarmasin

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Jual Coffee Maker Di Banjarmasin Utara, Banjarmasin


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Jual Coffee Maker Di Banjarmasin Utara, Banjarmasin - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Jual Coffee Maker Di Banjarmasin Utara, Banjarmasin


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keunikan paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di halaman Jenis Kopi Robusta Terbaik – Jual Coffee Maker Di Banjarmasin Utara, Banjarmasin, semoga bermanfaat.

0 comments