Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Pembuat Kopi di Silo, Jember

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Pembuat Kopi di Silo, Jember


Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Pembuat Kopi di Silo, Jember - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Pembuat Kopi di Silo, Jember


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Pembuat Kopi di Silo, Jember, moga-moga ada gunanya.

0 comments