Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Pembuat Kopi di Laren, Lamongan

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Pembuat Kopi di Laren, Lamongan


Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Pembuat Kopi di Laren, Lamongan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Pembuat Kopi di Laren, Lamongan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di blog Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Pembuat Kopi di Laren, Lamongan, semoga bermakna.

0 comments