Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Delta Pawan, Ketapang

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Delta Pawan, Ketapang


Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Delta Pawan, Ketapang - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Delta Pawan, Ketapang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Delta Pawan, Ketapang, moga-moga bermakna.

0 comments