Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Pebayuran, Bekasi

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Pebayuran, Bekasi



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Pebayuran, Bekasi - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Pebayuran, Bekasi


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam blog Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Pebayuran, Bekasi, mudah-mudahan bermakna.

0 comments