Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Deiyai

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Deiyai


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Deiyai - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Deiyai


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Deiyai, moga-moga ada gunanya.

0 comments