Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Caruban

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Caruban


Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Caruban - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Caruban


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Caruban, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments