Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan


Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Dusun Selatan, Barito Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments