Jenis Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Candipuro, Lumajang

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Candipuro, Lumajang


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Candipuro, Lumajang - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Candipuro, Lumajang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam web Jenis Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Candipuro, Lumajang, semoga ada manfaatnya.

0 comments