Kebaikan Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi di Jemaja, Kepulauan Anambas

Kebaikan Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi di Jemaja, Kepulauan Anambas



Kebaikan Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi di Jemaja, Kepulauan Anambas - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi di Jemaja, Kepulauan Anambas


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di website Kebaikan Kopi Pahit – Toko Pembuat Kopi di Jemaja, Kepulauan Anambas, moga-moga ada gunanya.

0 comments