Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Coffee Maker di Sangir, Solok Selatan

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Coffee Maker di Sangir, Solok Selatan



Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Coffee Maker di Sangir, Solok Selatan - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Coffee Maker di Sangir, Solok Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam website Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Coffee Maker di Sangir, Solok Selatan, semoga berguna.

0 comments