Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Online Shop Coffee Maker di Sungai Laur, Ketapang

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Online Shop Coffee Maker di Sungai Laur, Ketapang


Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Online Shop Coffee Maker di Sungai Laur, Ketapang - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Online Shop Coffee Maker di Sungai Laur, Ketapang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di halaman Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Online Shop Coffee Maker di Sungai Laur, Ketapang, moga-moga berguna.

0 comments