Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Online Pembuat Kopi di Siantar Sitalasari, Pematangsiantar

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Online Pembuat Kopi di Siantar Sitalasari, Pematangsiantar


Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Online Pembuat Kopi di Siantar Sitalasari, Pematangsiantar - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Online Pembuat Kopi di Siantar Sitalasari, Pematangsiantar


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam web Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Online Pembuat Kopi di Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, mudah-mudahan berguna.

0 comments