Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Kios Coffee Maker Di Seruyan Hilir, Seruyan

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Kios Coffee Maker Di Seruyan Hilir, Seruyan



Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Kios Coffee Maker Di Seruyan Hilir, Seruyan - Biar kian banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Kios Coffee Maker Di Seruyan Hilir, Seruyan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam web Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Kios Coffee Maker Di Seruyan Hilir, Seruyan, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments