Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Pembuat Kopi di Padang Pariaman

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Pembuat Kopi di Padang Pariaman



Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Pembuat Kopi di Padang Pariaman - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Pembuat Kopi di Padang Pariaman


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam web Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Toko Pembuat Kopi di Padang Pariaman, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments