Khasiat Kopi Radix – Penjual Coffee Maker di Ujan Mas, Muara Enim

Khasiat Kopi Radix – Penjual Coffee Maker di Ujan Mas, Muara Enim



Khasiat Kopi Radix – Penjual Coffee Maker di Ujan Mas, Muara Enim - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Penjual Coffee Maker di Ujan Mas, Muara Enim


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di halaman Khasiat Kopi Radix – Penjual Coffee Maker di Ujan Mas, Muara Enim, semoga ada gunanya.

0 comments