Khasiat Kopi Radix – Toko Pembuat Kopi di Bajenis, Tebing Tinggi

Khasiat Kopi Radix – Toko Pembuat Kopi di Bajenis, Tebing Tinggi



Khasiat Kopi Radix – Toko Pembuat Kopi di Bajenis, Tebing Tinggi - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Toko Pembuat Kopi di Bajenis, Tebing Tinggi


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Khasiat Kopi Radix – Toko Pembuat Kopi di Bajenis, Tebing Tinggi, semoga ada gunanya.

0 comments