Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tanah Putih, Rokan Hilir

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tanah Putih, Rokan Hilir



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tanah Putih, Rokan Hilir - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tanah Putih, Rokan Hilir


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di blog Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tanah Putih, Rokan Hilir, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments