Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tawang, Tasikmalaya

Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tawang, Tasikmalaya


Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tawang, Tasikmalaya - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tawang, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam halaman Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tawang, Tasikmalaya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments