Macam Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi di Ketanggungan, Brebes

Macam Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi di Ketanggungan, Brebes


Macam Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi di Ketanggungan, Brebes - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi di Ketanggungan, Brebes


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam halaman Macam Kopi Gayo – Onlineshop Pembuat Kopi di Ketanggungan, Brebes, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments