Macam Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Murung Raya

Macam Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Murung Raya



Macam Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Murung Raya - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Murung Raya


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di web Macam Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Murung Raya, semoga berpengaruh.

0 comments