Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Arjasari, Bandung

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Arjasari, Bandung



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Arjasari, Bandung - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Arjasari, Bandung


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di web Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Arjasari, Bandung, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments