Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sukamakmur, Bogor

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sukamakmur, Bogor


Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sukamakmur, Bogor - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sukamakmur, Bogor


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam halaman Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sukamakmur, Bogor, moga-moga berguna.

0 comments