Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Kendal

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Kendal



Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Kendal - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Kendal


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di web Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Kendal, moga-moga berpengaruh.

0 comments