Manfaat Daun Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Barat, Balikpapan

Manfaat Daun Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Barat, Balikpapan



Manfaat Daun Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Barat, Balikpapan - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Barat, Balikpapan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di halaman Manfaat Daun Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Barat, Balikpapan, semoga bermakna.

0 comments