Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Penjual Mesin Coffee Maker di Pulo Gadung, Jakarta Timur

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Penjual Mesin Coffee Maker di Pulo Gadung, Jakarta Timur



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Penjual Mesin Coffee Maker di Pulo Gadung, Jakarta Timur - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Penjual Mesin Coffee Maker di Pulo Gadung, Jakarta Timur


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Penjual Mesin Coffee Maker di Pulo Gadung, Jakarta Timur, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments