Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bandar Huluan, Simalungun

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bandar Huluan, Simalungun


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bandar Huluan, Simalungun - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bandar Huluan, Simalungun


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bandar Huluan, Simalungun, semoga ada manfaatnya.

0 comments