Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kuala Kurun

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kuala Kurun



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kuala Kurun - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kuala Kurun


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kuala Kurun, semoga berguna.

0 comments