Manfaat Kopi Pak Belalang – Kios Mesin Coffee Maker di Bram Itam, Tanjung Jabung Barat

Manfaat Kopi Pak Belalang – Kios Mesin Coffee Maker di Bram Itam, Tanjung Jabung Barat



Manfaat Kopi Pak Belalang – Kios Mesin Coffee Maker di Bram Itam, Tanjung Jabung Barat - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Kios Mesin Coffee Maker di Bram Itam, Tanjung Jabung Barat


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel dalam halaman Manfaat Kopi Pak Belalang – Kios Mesin Coffee Maker di Bram Itam, Tanjung Jabung Barat, semoga bermakna.

0 comments