Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pegunungan Bintang

Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pegunungan Bintang



Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pegunungan Bintang - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pegunungan Bintang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di halaman Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pegunungan Bintang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments