Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Batu Ampar, Batam

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Batu Ampar, Batam


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Batu Ampar, Batam - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Batu Ampar, Batam


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam blog Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Batu Ampar, Batam, moga-moga bermakna.

0 comments